4 Manfaat Sosial Media Untuk Bisnis

@pexels

Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Jika kamu memiliki usaha, sosial media ini dapat membantu kamu. Bahkan, social media secara tidak langsung juga bisa membantu kamu mengembangkan dan memperluas usahamu hingga ke seluruh Indonesia bahkan bisa ke luar negeri.

1. Mengenal pelanggan lebih dekat

Mengenal pelanggan lebih dekat merupaka kunci sukses sebuah usaha. Proses pengenalan pelanggan bisa jadi lebih mudah jika kamu memliki sosial media khusus untuk usaha kamu. Media sosial ini bisa membantu dalam proses branding dan promosi kepada target yang tepat. Dalam menggunakan sosial media, kamu juga harus bisa melihat tren usia pengguna masing-masing sebagai acuan dalam memilih channel promosi sampai pembuatan konten yang bisa menarik target.

2. Mendengar keinginan pelanggan

Feedback dari pelanggan adalah salah satu hal penting yang bisa meningkatkan kualitas usaha yang kamu rintis menjadi lebih baik. Melalui sosial media, kamu bisa menerima feedback dari pelanggan lebih cepat. Mereka bisa mengirimkan komentar di sebuah postingan ataupun mengirimkan Message secara langsung. Dengan social media, kamu juga bisa tau apa saja yang pelanggan inginkan dan butuhkan.

3. Merespon dengan cepat

Setelah pelanggan memberikan feedback melalui social media, tentunya kamu harus menanggapi feeedback tersebut. Sosial media ini dapat mempercepat proses menanggapi feedback tersebut. Keluhan pada social media dapat dibaca dengan cepat oleh pelanggan lain yang mengikuti social media usahamu. Usahamu akan dinilai positif jika menangani semua feedback tanpa melewatkannya satupun.

4. Melihat persaingan pasar

Melalui social media, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi dari kompetitor atau pesaing. Dari informasi yang didapat, kamu bisa menganalisa informasi tersebut untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor untuk meningkatkan strategi pemasaran.

Cobalah perhatikan followers kompetitor dan lihat bagaimana cara mereka memasarkan produknya. Dengan bekal informasi tersebut, kamu bisa lebih mudah membuat strategi dan rencana pemasaran, hingga mengembangkan konten yang sesuai dengan target.

 

Dikutip dari: The Smarter Way
Dikutip oleh: Nurfadhilah, SMKN 1 Palasah
Shares
Share This