5 Tip Untuk Mengakhiri Hari Kerja dengan Perasaan Optimis

CirebonMedia.com – Well, pernah gak sih kita ngerasain dateng ke kantor setiap pagi dengan semangat untuk tepat produktif? Mungkin di pagi hari kita datang ke kantor dengan semangat 45 dan juga mood yang lagu cerah – cerahnya lalu datang lah berbagai hal yang mepermbuat mood cerah mu yang bersinar berubah menjadi kelabu di sepanjang hari kerja. Dan tak jarang pula, masalah yang dihadapi dikantor terbawa hingga ke rumah dan keluarga ataupun sebaliknya.

Sesekali meluapkan unek – unek tentang kepenatan di tempat kerja masih dianggap wajar karena itu juga merupakan hak masing – masing orang. Tetapi, kalau terlalu sering mencampur adukan permasalah di kantor ke kehidupan pribadi, sudah saatnya kamu hentikan kebiasaan itu.

Lalu bagaimana kita bisa mengakhiri hari keja dengan mood yang baik? Sebaiknya kamu menutup pekerjaan dengan tenang dan siap untuk menjalani kembali keesokan hari. Dan disini, penulis ingin membagikan beberapa tip agar kamu mampu menyelesaikan hari – hari kerjamu dengan positif.


Tulislah Pencapaianmu Dalam Satu Hari

Sumber: Pexels

Biasanya, kamu terlalu larut dalam kesibukan dan tidak memiliki kesempatan untuk memberikan apresiasi terhadap hal – hal yang telah diselesaikan. Setiap hari kerja berakhir, cobalah menulis apa – apa yang telah berhasil kamu selesaikan pada hari tersebut.

Dengan menghargai hasil kerja keras sendiri, kamu akan membangun rasa percaya diri yang kuat. Selain itu, upaya tersebut akan membantu mengevaluasi hasil suatu pekerjaan serta mengukur sejauh mana kemampuanmu dalam mengerjakannya.


Persiapkan Diri untuk Esok Hari

Sumber: Pexels

Salah satu hal paling umum yang biasa dilakukan ketika di akhir hari kerja adalah dengan merencanakan hal – hal untuk dikerjakan keesokan harinya. Daftar to-do bisa meningkatkan produktivitas kamu, karena mampu membantumu fokus terhadap tugas – tugas penting dan berhenti memikirkan seluruh pekerjaan yang harus dilakukan.

Kemudian agar tidak kehilangan jejak dari pekerjaan yang menggantung, kamu dapat menuliskan apa saja yang belum usai di akhir kerja. Bersihkan pikiran dan simpan tenagamu diujung hari dengan membuat perencanaan tentang pekerjaan esok hari lewat catatan khususmu. Jadikan hal tersebut motivasi untuk menyelesaikan apa yang telah dimulai.


Bersihkan dan Rapihkan Ruang Kerja

Sumber: Pexels

Sebuah studi pada tahun 2011 dari Princeton University menemukan bahwa lingkungan yang berantakan akan mengganggu kemampuan untuk tetap fokus serta mencerna informasi yang ada. Tentu saja hal ini akan berdampak pada hasil kerja secara jangka panjang.

Selain dapat menjaga keteraturan dari meja atau cubicle kerja. kamu dapat memulainya juga dengan menjaga agar komputer atau laptop kerja tetap rapi. Tidak ada yang menginginkan hari kerja dimulai dengan komputer yang melambat karena terlalu banyak tab terbuka pada browser internet, atau kerepotan mencari sebuah arsip di desktop karena terlalu banyak file sampah berserakan di layar.


Tahan Diri dari Membuka Email dan Menjawab Telepon

Sumber: Pexels

Sering kali pekerjaan justru datang di akhir hari kerja hingga menunda waktumu beristirahat. Sebisa mungkin kamu harus menghindari mengecekemail dan telepon di akhir hari kerja, kecuali benar-benar penting.

Apabila kamu mendapati diri harus menerima email atau telepon pada akhir jam kerja, kamu harus melihat kembali urgensi dari kedua hal tersebut. Bisa saja email atau telepon tersebut dilakukan pada akhir jam kerja agar tidak mengganggu fokus terhadap pekerjaan lainnya.

Apabila memungkinkan, kamu dapat menuliskan pekerjaan tersebut pada bagian teratas dari daftar to-do untuk diselesaikan esok hari. Namun bila benar-benar tidak memungkinkan—dan menurutmu pengerjaan tugas tersebut tidak akan memakan waktu lama—kamu dapat mencoba menyelesaikannya.

Ingat, jangan memaksakan diri hingga harus mengorbankan waktu dengan teman dan keluarga hanya karena terlalu sibuk di tempat kerja. Hal tersebut malah justru akan mengganggu produktivitasmu.


Akhiri Jam Kerja Degan MANTAP!

Sumber: Pexels

Judul di atas memang manis terdengar, tetapi dalam pelaksanaannya bukan perkara sederhana. Tidak mudah mengakhiri hari dengan perasaan bangga terhadap diri sendiri, karena tidak setiap hari kita merasa produktif. Kita terkadang juga kecewa terhadap performa diri karena merasa bekerja dengan hasil di bawah rata-rata.

Apabila perasaan tersebut datang, jangan biarkan perasaan tersebut merundungmu dan membuatmu jadi makin tidak produktif. Sebuah penelitian menyarankan bahwa memaafkan dirimu ketika sedang menunda sebuah pekerjaan dapat membantu mengurangi kebiasaan menunda-nunda di masa depan.

Selain itu, kamu juga dapat mencoba untuk mengakhiri hari kerja dengan menunjukkan rasa terima kasih kepada para kolega kerja. Menunjukkan rasa terima kasihmu adalah salah satu cara tercepat meningkatkan mood.

Kamu dapat memulainya dengan berbincang singkat dengan rekan sekerja dan mengucapkan terima kasih atas kerja keras yang telah mereka lakukan. Selain dapat meningkatkan mood kamu, upaya ini juga secara langsung akan membuat hari seseorang menjadi lebih cerah.

 

(Diedit oleh: Bams Putra)

Sumber: Techinasia ID

Shares
Share This