Peluang Bisnis di 2018

Peluang bisnis dan usaha masa kini yang memiliki prospek cukup menjanjikan dan akan menjadi tren, tentunya tidak pernah terlepas dari perkembangan ekonomi dengan tingkat persaingan yang semakin ketat.

Peluang usaha pada tahun 2018 yang sangat-sangat menjanjikan adalah bisnis yang berbasis teknologi internet Seperti yang kita ketahui sekarang ini bahwa perkembangan teknologi internet telah menjadi media penyebaran informasi yang lebih cepat bahkan cenderung mendominasi diantara media lainnya baik elektronik maupun cetak.hampir semua aktifitas sudah menggunakan internet dan ketergantungan ini menjadikannya sebagai kebutuhan pokok.

Berikut jenis bisnis media internet yang menjadi peluang usaha di 2018

  1. Toko Online

ilustrasi kegiatan jual beli online. Sumber: bisnis online rumahan

Beberapa tahun yang lalu masyarakat masih banyak yang ragu untuk berbelanja pada sebuah toko online, karena mereka belum terbiasa dan terlalu kawatir akan tertipu mengingat transaksi jual belinya tidak terjadi secara nyata atau bertemu muka.

Selain itu bisnis online shop masih didominasi oleh situs situs besar seperti e-bay, amazon yang proses pembayarannya memerlukan kartu kredit dan sebagaimana yang kita tahu bahwa tidak semua orang bisa dengan mudah membuat kartu kredit khususnya masyarakat Indonesia.

Nah, saat ini toko online yang dibangun oleh anak negeri kita sudah hampir setara kepopulerannya dengan olshopp sekelas e-bay, lazada dan masih banyak lagi.

Ambil contoh saja situs marketplace seperti bukalapak.com karya anak bangsa yang omsetnya sudah mencapai miliar rupiah perbulan, hal ini merupakan prestasi yang luar biasa dan patut untuk kita contoh.

Kemudian mudahnya lagi sekarang ini tidak harus pusing wajib melakukan pembayaran belanja online dengan kartu kredit melainkan cukup banyak tersedia pilihan metode pembayaran seperti transfer rekening , rekening bersama, maupun e-money.

 

Mengapa toko online menjadi peluang bisnis menjanjikan ? Melihat tingkat kesibukan masyarakat sekarang ini mereka ingin memperoleh sesuatu yang cepat dan praktis.

Belanja secara online bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa menghabiskan banyak waktu apalagi padatnya jalan raya seringkali yang menjadi penghambat dan terbuangnya energi dengan sia sia.

  1. Youtuber / Blogger

Tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan kabar berita bahwa ada seseorang yang bisa menghasilkan uang hingga ratusan juta rupiah.

Ini memang bukan berita bohong karena dijaman teknologi internet seperti sekarang ini siapapun bisa mengekspresikan dirinya dengan beragam kreatifitas yang dimiliki sehingga dapat menjadikan sumber penghasilan.

Kita seharusnya menyadari bahwa saat ini media hiburan dan informasi sudah tidak lagi tergantung dengan radio, televisi, majalah maupun koran.

Dengan gadget hp, tablet, laptop yang hampir semua orang sudah memilikinya mereka bisa memperoleh informasi dan hiburan dimana saja dan kapan saja selagi bisa terhubung dengan jaringan internet.

Kalaupun anda tau, dari sekian banyak informasi yang tersebar di internet merupakan hasil aktifitas seorang blogger dan beragam video hiburan yang disediakan oleh situs youtube ialah karya para youtubers.

  • Blogger (web blog developer)– Mereka adalah seseorang yang membangun situs web atau blog dengan terus menyediakan beragam info yang sekiranya banyak dibutuhkan oleh masyarakat.
  • Youtubers – Seseorang yang melakukan upload video pada situs youtube dan menuangkan kreatifitasnya berupa media visual audio video.

Darimana penghasilan blogger dan youtubers?

Mereka akan terus berusaha menyediakan konten yang dapat menarik perhatian banyak pengunjung dan pemirsa.Apabila informasi dan hiburan tersebut memiliki kunjungan melimpah maka selayaknya media konvensional yang memperoleh penghasilan dari iklan, maka demikian juga bagi blogger dan youtubers.

Pada sebuah situs web maupun video youtube yang anda temui di internet tidak jarang terdapat iklan yang tampil disana. Dari situlah mereka memperoleh penghasilan uang.Semakin banyak pengunjung atau pemirsa yang didapat, maka peluang meraup penghasilan hingga jutaan perbulan tidak akan sulit untuk didapatkan.

  1. Online Services

Online Serives adalah sebuah jenis bisnis layanan jasa yg dimana jasanya tersebut disediakan secara online. Beberapa contoh bisnis layanan jasa yaitu :

  1. Transportasi dan Booking Online

Membandingkan dengan transportasi konvensional, transportasi online lebih disukai konsumen karena kemudahannya.

Sistem transportasi online cukup mudah dipesan hanya dengan satu sentuhan pada aplikasi smartphone, selain konsumen yang merasa lebih nyaman dalam perjalanan karena informasi rute dan data pengemudi dapat diperoleh dengan jelas.

Adapun Sistem Booking online seperti contohnya booking kamar hotel melalui aplikasi smartphone

  1. Digital Agency

Yaitu partner para pelaku bisnis online digital agency berperan menjangkau target market secara online diperlukan strategi khusus bagi suatu merek atau brand dan tentunya dibutuhkan waktu yang panjang untuk dapat melakukannya.

Digital agency bisa menjadi solusoi tepat dalam pemasaran. Digital agency mempunyai beragam solusi dalam strategi pemasaran produk.

Sumber: Centra Usaha

Shares
Share This