Cirebonmedia.com- Sebagai tempat tinggal yang menaungi penghuninya untuk waktu tertentu dan cenderung lama, sebuah rumah sudah sepatutnya dibuat berdasarkan konsep kenyamanan bagi penghuninya.  Dimasa lalu hal yang menentukan pembuatan bentuk rumah adalah kebudayaan di setiap daerah di dunia. Sama halnya pada perkembangan bentuk rumah di Indonesia faktor budaya mempengaruhi bentuk  rumah tradisional di setiap daerah.

 

“Masuknya pemerintahan asing yang menduduki Indonesia pada era sebelum kemerdekaan, banyak mempengaruhi perkembangan bentuk rumah di Indonesia yang semula tradisional bergeser pada gaya mediterania”

 

Saat masuknya pemerintahan asing yang menduduki Indonesia pada era sebelum kemerdekaan, banyak mempengaruhi perkembangan bentuk rumah di Indonesia yang semula tradisional bergeser pada gaya mediterania. Dengan karakteristik atap segitiga yang menjulang tinggi, plafon yang cenderung pendek dan memiliki halaman yang sangat luas sangat diminati masyarakat pada saat itu.

 

Sekitar tahun 1920 pertama kali bentuk rumah minimalis mulai muncul di dunia, dengan salah satu alasannnya sebagai bentuk protes terhadap beberapa aliran arsitektural yang dianggap tidak berguna dan terlalu boros dalam penggunaan bahan bangunan yang tidak ramah alam. Di tahun 1990 konsep rumah yang dianggap membawa kesederhanaan ini mulai dikenal secara luas dan terus mengalami perkembangan pesat, hingga pada tahun 2000-an.

 

Begitu juga di Indonesia saat ini, dengan kondisi ketersediaan lahan yang mulai sempit dan mahal banyak masyarakat di Indonesia yang menggemari bentuk rumah minimalis sebagai tempat huniannya. Namun perlu kita ketahui bahwa bentuk rumah minimalis yang banyak diadopsi dari bentuk rumah di Eropa dan di Amerika ini belum tentu cocok untuk diaplikasikan di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh iklim tropis di Indonesia sangat berbeda dengan iklim di negara-negara barat.

“Konsep rumah minimalis yang memaksimalkan sistem pencahayaan dari sinar matahari apabila diaplikasikan di Indonesia memiliki efek buruk bagi furnitur”

 

Konsep rumah minimalis yang memaksimalkan sistem pencahayaan dari sinar matahari apabila diaplikasikan di Indonesia memiliki efek buruk bagi furnitur. Karena sinar matahari yang diterima di Indonesia memiliki intensitas panas yang lebih tinggi sehingga warna dari furnitur lebih cepat pudar dan daya tahanpun berkurang atau mudah rusak, hal ini otomatis akan menambah biaya perawatan yang dikeluarkan. Sehingga perlu disesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi geografis apabila kita ingin menerapkan konsep bentuk rumah minimalis tersebut.

 

Perkembangan bentuk rumah di indonesia dan sebuah konsep rumah ideal di Pegambiran Harmoni
Photo By : Cirebon Media

Bagi kalian yang sedang mencari sebuah hunian idaman dan masih kebingungan dalam mencari referensi yang cocok, di Kota Cirebon ada sebuah perusahaan developer perumahan yang bisa menjadi acuan bagi kalian dalam memilih rumah hunian yaitu Pegambiran Harmoni.

 

Dengan konsep rumah minimalis yang mengedepankan kenyamanan bagi penghuninya, Pegambiran Harmoni menghadirkan beberapa tipe rumah yang dapat menjadi pilihan sesuai mulai dari tipe 36, tipe 45 sampai dengan tipe 58. Tidak hanya itu saja developer perumahan di bawah bendera PT. Mahakarya Sukri Perkasa ini menyuguhkan berbagai fasilitas penunjang yang akan dibangun seperti club house, Swiming Pool,  jogging tarck, play groud dan tempat ibadah.

 

Sebagai tempat hunian yang ideal Pegambiran Harmoni memiliki letak yang sangat strategis di wilayah Kota Cirebon, karena berdekatan dengan pusat perbelanjaan, terminal bus sampai dengan akses masuk tol. Dengan nuansa lingkungan yang tenang nan asri Pegambiran Harmoni juga dilengkapi dengan sistem drainase yang baik dan selalu terawat sehingga terbebas dari terjangan banjir apabila musim hujan seperti sekarang ini.

 

Bagi kalian yang tertarik untuk membeli rumah di Pegambiran Harmoni, kalian dapat dating ke alamat kantor Jl. Sirandu, Rt. 04, Rw.12, Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk,   Kota Cirebon, Propinsi Jawa Barat. Apabila kalian ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai info dari Pegambiran Harmoni kalian dapat mengakses Website : www.pegambiranharmoni.com atau menghubungi office : (0231) 200461,  PIC : Bpk. Ali 08586455584.

Menu

Shares
Share This