Pentingnya Menetapkan Target Penjualan

CirebonMedia.com – Kesuksesan suatu bisnis sangat ditentukan oleh berapa banyak produk yang terjual. dengan kata lain, semakin besar omset penjualan semakin tinggi keuntungan yang didapatkan. Jika ingin meningkatkan penjualan ada baiknya tentukan dahulu parameternya kemudian ukurlah targetnya dengan jelas.

“Marketing jauh lebih mudah bila kita tahu secara rinci tentang pasar yang ingin ditargetkan dan bintang pemasaran yang hebat adalah dengan mengetahui pasar.” Tidak peduli soft selling atau hard selling, yang penting penjualan meningkat dan berkelanjutan.

Berbicara mengenai dunia usaha, tentu tidak lepas dari target penjualan. Target penjualan biasanya ditetapkan pada awal tahun dengan memperhatikan beberapa faktor seperti, trend yang sedang demand, pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan pasar. Begitu juga dari faktor internal seperti, pencapaian target tahun sebelumnya dan kesiapan produk yang akan dipasarkan. Menentukan target penjualan sangat penting. Karena ketika menentukan target tanpa dasar kalkulasi yang benar, maka implikasinya bisa bermacam-macam.

Penetapan target yang benar tidak juga hanya menentukan dasar angka target saja. Hal tersebut terkait erat dengan faktor-faktor seperti, insentif, rencana pengembangan produk, kebijakan perusahaan dan term of payment yang berhubungan dengan team sales. Disinilah peran penting marketing dalam mewujudkan keberhasilan suatu bisnis. Dengan perencanaan strategi marketing plan yang meliputi product, place, price, promotion.

Perhitungan merupakan kunci awal. Image by pexels.

Biasanya pebisnis akan mencari hal-hal besar yang bisa memicu peningkatan omset. tidak salah memang, tapi sebaiknya penetapan target dimulai dari hal-hal yang kecil yang mungkin sering diabaikan, namun justru itu yang bisa meningkatkan omset secara berkelanjutan dalam jangka panjang.

Faktor utama sebelum menentukan target penjualan adalah harus dipahami bahwa target yang baik adalah target yang bisa dicapai dengan melompat. Artinya mengetahui takaran, realistis, terukur dan bisa dicapai. Karena menetapkan target yang terlalu rendah akan berimplikasi dengan menurunya kemampuan sales. Sebaliknya jika menetapkan target terlalu tinggi dan cenderung tidak realistis, akan menimbulkan demotivasi dan hilangnya fighting spirit dari team sales. Menentukan takaran pas inilah yang kadang gampang-gampang susah jika kita tidak memahami faktor faktor lainnya. Selanjutnya, target harus sejalan dengan prediksi pertumbuhan pasar dan rencana pengembangan usaha kedepan. Untuk itu kita harus mampu menganalisa data dinamika yang terjadi sehari hari. Karena itu target harus berdasar pada pertimbangan yang realistis. Khususnya yang bergerak di usaha spesialisasi retail. Jangan kaku untuk mengubah target, apalagi jika terbaca potensi resiko yang besar. Lakukan revisi yang diperlukan baik dari sisi angka target maupun kebijakan pendukung lainnya demi mempertahankan stabilitas bisnis yang ada. Semoga bermanfaat, salam

 

Diedit oleh: Bety

Dari: Berbagai sumber