Cirebonmedia.com – Salah satu aktifitas bisnis yang punya tujuan strategis penting adalah kemasan. Hal ini terlihat sepele, tapi tidak bisa ditinggalkan, apalagi jika anda ingin punya branding atas produk yang dibuat. Brand justru dapat diterapkan pada kemasan, gunanya untuk menambah nilai produk serta menarik minat konsumen terhadap produk itu sendiri. Selain itu, tujuan atau fungsi utama dari pengemasan adalah untuk melindungi produk dari kerusakan atau cacat produk, terutama saat pendistribusian barang ke agen. Jika produk tidak dilindung dengan kemasan yang baik, tidak jarang membuat produk menjadi tidak menarik. Apalagi jika akan dipajang di toko-toko retail.

fungsi utama dari pengemasan adalah untuk melindungi produk dari kerusakan atau cacat produk, terutama saat pendistribusian barang ke agen.

Kemasan, selain sebagai wadah atau tempat, dapat juga di isi dengan berbagai informasi produk, seperti bahan dasar, kandungan materi produk hingga kepada petunjuk penggunaan dan waktu kadaluarsa, jika bentuknya makanan. Kemasan juga harus menarik. Gambar dan produk disesuaikan dengan lingkungan, apakah pasar, mall, toko atau yang lainya. Pertimbangkan kenyamanan, bagi konsumen maupun yang menjualnya. Jika anda sudah punya desain kemasan yang menarik, perhatikan juga kemampuan salesman dalam mempresentasikan. Seperti yang disampaikan oleh specialblogspot.com bahwa Kemasan itu harus memastikan bahwa produknya dapat dipercaya. Jangan buat konsumen masih bertanya bahkan hilang minat akan produk. Karena itu pelajari segmentasi pasarnya.

Kemasan Kopi Bubuk. Foto Oleh: Google

Desain kemasan harus menggambarkan kebutuhan konsumen. Hindari kemasan yang ribet dengan tata warna yang berlebihan, karena akan membuat bingung. jangan juga merepotkan dalam penggunaannya. Tampilan estetika yang pas dengan daya imajinasi konsumen akan membuat kemasan itu jadi menarik. Terakhir kemasan haruslah higienis. bersih dan di tata dengan rapih. Gunakan jasa orang yang mumpuni dalam mendesain kemasan. Kesalahan dalam menampilkan kemasan dapat mempengaruhi minat beli konsumen, meski produk anda baik. Beberapa hal yang mesti diperhatikan saat membuat kemasan,

  • Ukuran dan bentuk
  • Material
  • Warna
  • Huruf
  • Grafis,

Kemasan harus memiliki kekuatan rangsangan/stimulan. Pada saat konsumen melihat kemasan anda, mereka akan merasa harus membelinya. Kemasan sangat berperan dalam mempresentasikan produk bisnis anda untuk memaksimalkan penjualan. Jadi tunggu apa lagi,kemas produk anda dan jual.

 

oleh : Argusti