USAHA AYAM ARAB SANGAT MENGUNTUNGKAN

Orang lagi kasih makan ayam arab, https://beritadaerah.co.id

Cirebon Media – Ayam Arab adalah varietas ayam yang berasal dari Belgia. Ayam ini merupakan keturunan dari jenis brakel kriel-silver. Lalu mengapa kemudian disebut Ayam Arab dan tidak disebut ayam Belgia? Hal ini dikarenakan asal mula Ayam jenis ini ada di Indonesia berasal dari Makkah yang dibawah oleh para jama’ah haji, selain itu, alasan penamaan ayam arab juga disebabkan oleh daya seksualitas yang tinggi pada ayam varietas ini.

Ayam arab banyak dipelihara sebagai ayam petelur karena ayam jenis ini memiliki keunggulan yaitu memiliki daya seksual yang tinggi serta memiliki produktivitas telur yang tinggi. Dalam setahun, ayam ini dapat bertelur hingga 250 butir dengan tingkat Hen Day Production dapat mencapai 80 %.
Tak hanya soal telur, ayam arab juga dapat dimanfaatkan dagingnya. DOC ayam arab yang dipelihara dengan baik selama 60 – 90 hari akan memiliki berat badan 4-5 ons. Namun, karena dagingnya yang tipis serta kulit yang agak hitam menjadikan daging ayam arab kurang diminati oleh masyarakat. Salah satu alternatifnya adalah dengan menyilangkannya dengan ayam kampung.

Ciri – Ciri Ayam Arab

  • Termasuk ayam galur buras unggulan
  • Bulu pada leher ayam arab berwarna putih
  • Bulu ekor memiliki warna dominan hitam
  • Bulu sayap memiliki warna hitam bergaris putih
  • Memiliki mata hitam yang disekitarnya dikelilingi warna kuning
  • memiliki jengger dengan ukuran kecil
  • Ayam jantan betina tidak mengeram
  • Bobot ayam arab dewasa mencapai 1,5 – 2 kg
  • Tinggi ayam arab bisa mencapai 25 cm

HARGA AYAM ARAB

Sebagai estimasi modal anda, maka perlu saya sampaikan harga ayam arab per may 2017
1. Harga Doc ayam arab murni harga untuk 1 box ( 100 ekor ) = 275.000
2. Harga Ayam arab murni dengan masa 2 bulan Rp 20.000/ekor
3. Ayam arab murni usia 4 bulan (betina semua) Rp 40.000/ekor
4. telur konsumsi Rp 700/butir
5. telur bibit/tetas Rp 1.200/butir
Model Pembibitan Ayam Arab
Terdapat tiga model sistem pembibitan Ayam Arab yaitu
Pembibitan Sistem Ekstensif
Pembibitan Sistem Semi Intensif
Pembibitan Sistem Intensif
Pembibitan Sistem Ekstensif adalah dengan cara tradisional dimana ayam dan anakannya dibiarkan mencari makan sendiri. Kontrol terhadap induk dan anakan sangat kecil namun lebih hemat karena biaya pakan menjadi berkurang.
Pada sistem semi intensif, anak ayam tetap diumbar namun masih diberi pakan secara rutin sementara sistem intensif pengelolaan dan pemeliharan sangat teliti mulai dari pemisahan induk, pemberian pakan, kandang, kebersihan sampai pada pencegahan dan pengobatan penyakit.

pakan ayam arab

Pemberian pakan menjadi salah satu kunci sukses dalam membiakkan ayam petelur dan menghasilkan telur dalam skala banyak. Untuk itu, dalam memberi pakan ayam arab harus teliti serta tepat waktu. Adapun komposisi pemberian pakan arab adalah dengan campuran konsentrat untuk ayam petelur yang memiliki kadar protein sebanyak 17 %, jagung dan bekatul dengan perbandingan 3:2:1.
“Sumber : https://www.usaharumahan19.com/2017/08/usaha-ayam-arab-yang-menguntungkan.html