FKN DAN MEMANFAATKAN PELUANGNYA

Cirebon Media – Sebuah perhelatan besar akan diselenggarakan di Kota Cirebon, adalah Festival Keraton Nusantara. Kegiatan ini berskala internasional, karena melibatkan banyak keraton. Pertanyaannya adalah, apa yang bisa warga manfaatkan dari kegiatan Festival Keraton Nusantara dua tahunan ini? Ada puluhan peluang bahkan ratusan ide jika kita mau menggunakannya. Namun seperti yang dikeluhkan oleh Yanie salah seorang produsen rengginang di kawasan Samadikun yang mengaku sama sekali tidak tahu harus bagaimana untuk ikut berjualan. “Isun sih baka kon bayar ya emong pisan, lah modale kita cilik jeh” demikian keluhnya saat di wawancarai oleh tim Cirebon Media.

“Festival Keraton Nusantara melibatkan banyak keraton”.

Cirebon punya kelebihan dan potensi yang dahsyat, karena itu kegiatan Festival Keraton Nusantara dapat dimanfaatkan oleh masyarakat kreatif untuk melakukan action  berwirausaha, apapun jenis usahanya. Bisa barang ataupun jasa, seperti penyewaan sepeda ontel dengan paket city tour, atau buat kegiatan yang menarik lainnya sehingga menjadi ikon tambahan dari kegiatan yang sudah disusun oleh panitia. Namun sekali lagi, mereka umumnya tidak tahu kemana harus minta informasinya. Tampaknya panitia hanya sibuk menyiapkan acara dan penerimaan tamu, tapi lupa menyiapkan komunikator untuk masyarakat yang mestinya juga mendapatkan manfaat dari kegiatan ini. Sementara itu sekretaris kegiatan acara ini, Agus Sukmajaya menjelaskan bahwa panitia Festival Keraton Nusantara sudah menyiapkan 30 stand untuk produk kreatif di area depan BAT, tapi kesemuanya sudah di isi oleh UMKM dan dari dekranasda.Ditambah lagi 30 stand di areal kraton khusus untuk pameran benda pusaka.

“Agus Sukmajaya menjelaskan bahwa panitia Festival Keraton Nusantara sudah menyiapkan 30 stand untuk produk kreatif di area depan BAT, tapi kesemuanya sudah di isi oleh UMKM dan dari dekranasda.”

Kiranya kedepan, ruang publik untuk kegiatan semacam ini harus makin terbuka, selain mengikut sertakan masyarakat untuk terlibat, juga memberikan peluang kepada masyarakat non binaan untuk ikut menikmati hasil sebuah kegiatan di daerahnya. Manfaatkan tempat-tempat yang sudah ada, tinggal bangun kerjasama dengan pedagang tetapnya. Gali dan munculkan potensi, implementasikan dengan kesungguhan dan tekad yang kuat agar kegiatan ini dapat menjadi stimulan yang dapat mengangkat harkat martabat daerah.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berusaha dalam perhelatan ini.

  • Sajikan produk-produk yang unik dan Kreatif.
  • Jika sulit duplikasi Usaha Lain ,tinggal amati dan tiru lalu dikembangkan.
  • Berikan nilai tambah pada produk yang dijual, jangan itu lagi itu lagi….
  • Atau bukan usaha dengan memperlihatkan ketrampilan, ini juga keren dan dapat  menghasilan.
  • Jika kesulitan dalam penyediaan barang, coba menjadi agen dadakan, lebih mudah dan kecil resikonya.
  • Pernah berpikir menjual barang barang bekas tapi punya nilai? ini juga keren.
  • Jika ada hambatan di teknis usahanya coba kerjakan bersama-sama. Bisa dibawah bendera komunitas, teman main atau kelompok kreatif.

Kadang usaha akan lebih bagus jika di kelola bersama-sama. Misalnya kerjasama dengan gedung kesenian untuk pemutaran film tentang budaya Cirebon, atau buat pementasan kreatif. Kerjasama dengan sanggar- sanggar yang kebetulan tidak terlibat dalam kegiatan. Terakhir, bekerjasamalah dengan panitia penyelenggara untuk ikut dalam promosi dan penjualan. Masih ada waktu dan patut di coba. ( The Light Carrier )

 

Oleh : Arif Agustian

 

 

Shares
Share This