BELAJAR MEMBACA PELUANG

Cirebon Media – PELUANG USAHA BISA DIDAPAT DARI MANA SAJA, ASAL JELI MELIHAT PELUANGNYA. Sederhananya, coba mulai usaha dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar kita. Itu langkah awal saat akan membuka usaha. Gunakan kepekaan dan kepedulian kita pada lingkungan sekitar. Pelajari apa yang diperlukan. Tidak semua orang mampu melihat peluang usaha dengan baik, apalagi membuat konsep usaha. Sebagian orang mungkin punya kemampuan financial, tapi bingung saat menentukan usaha apa yang akan dijalankannya.

Peluang usaha bisa dirasakan dengan memperhatikan beberapa faktor seperti, dimana, mengapa, dan kapan. Dimana? artinya dimana posisi anda sekarang bisa dijadikan acuandalam menentukan peluang usaha apa yang cocok untuk dijalankan. Misalnya anda berada di lingkungan kampus, maka analisalah bagaimana membangun usaha di sekitar kampus tersebut. Apakah anda bisa ikut membuka kantin di dalam kampus? Ataukah membuka usaha rental computer disekitar kampus. Mengapa? artinya temukan alasan mengapa anda membuka usaha tersebut. Misalnya anda punya kemampuan otomotif, mengapa tidak membuka bengkel motor?  atau jika anda mempunyai kemampuan beladiri, mengapa tidak membuka sekolah beladiri? Kapan? artinya kapan anda bisa memulai usaha dengan waktuyang tepat. Misalnya anda membuka usaha sablon dan cetak karena pada saat ini sedang ramai-ramainya kampanye. Ketiga faktor diatas bisa digabungkan untuk membuka jalan pikiran dalam melihat peluang usaha yang ada di sekitar anda.

Berikut beberapa tips agar jeli melihat peluang usaha disekitar kita:

  1. CARI TAHU KEBUTUHAN. Perhatikan lingkungan sekitar, sebelum membuka usaha. Cari tahu apa yang menjadi kebutuhan mereka. Misalnya, untuk daerah perkantoran anda bisa membuka usaha kuliner karena pada jam istirahat. Biasanya karyawan cari tempat makan siang. Jika berada di lingkungan sekolah atau kampus, bisa membuka usaha jasa fotocopy atau jasa pengetikan karena banyaknya siswa sekolah,mahasiswa,guru ataupun dosen yang membutuhkannya. Dengan tahu kebutuhan dan keperluan yang ada, ini bisa menjadi dasar untuk menentukan usaha apa yang akan dijalankan.
  2. MANFAATKAN KETRAMPILAN ATAU HOBI. Coba tanya pada diri anda , apakah anda punya ketrampilan yang dikuasai atau hobi yang senang anda kerjakan. Sederhana bukan? bisa saja berangkat dari hobi kemudian dikembangkan sendiri menjadi usaha yang beromset jutaan rupiah. Untuk itu, mulailah menemukan peluang usaha dari ide diri sendiri dengan menanyakan, Saya punya hobi apa? Saya punya ketrampilan apa? Apa yang bisa saya lakukan? apa kemampuan yang saya miliki dan orang lain bersedia membayar produk atau jasa dari kemampuan saya tersebut?
  3. PERHATIKAN TREND YANG TERJADI. Anda bisa memulai usaha dengan memperhatikan trend yang sedang terjadi.Dengan mengikuti perkembangan berita dan informasi, kita bisa membuka usaha tertentu. Selalulah berinovasi dan mengembangkan usaha yang dijalankan. Peluang usaha dengan melihat trend masih sangat mungkin berkembang kedepannya. Melihat trend artinya anda mendapatkan ide dari apa yang tengah berkembang di masyarakat misal melihat model baru dari perkembangan teknologi, modifikasi pasar dan juga selera konsumen yang berubah atau mengarah ke perubahan minat tertentu. Sebagai contoh, dulu tempe hanya dijadikan konsumsi biasa. Cukup digoreng kemudian dimakan. Tapi, sekarang banyak modifikasi tempe menjadi bahan makanan dengan olahan yang berbeda seperti contohnya tempe yang diolah menjadi krupuk tempe dengan berbagai rasa atau cake tempe. Atau bisa membuka usaha sablon dan bordir ketika musim kampanye karena kebutuhan pasti sedang meningkat. Usaha seperti ini bisa dijalankan dengan mesin bordir berbasis home industry sederhana.
  4. PAHAMI DAN ANALISA PASAR USAHA. Untuk memulai suatu ide bisnis baiknya dilakukan penelitian atau analisa pasar terlebih dulu. Tujuannya adalah mengetahui segmen pasar dan mengukur apa yang menjadi keinginan dari calon pembeli. Tahapan yang dilakukan mulai dari persiapan, pengumpulan data,analisa pasar dan pesaing. Yang terpenting adalah mulailah secara bertahap dan dengan perencanaan yang matang.
  5. CIPTAKAN IDE USAHA BARU. Pernahkan anda berpikir, usaha penyewaan mainan anak saat ini laris manis? Atau pernahkah terpikir bahwa usaha pijat bayi juga berkembang saat ini? Masih banyak usaha-usaha baru lain yang lahir dari ide-ide kreatif. Karena sibuk orang tidak sempat mengurusi cucian,maka lahirlah usaha jasa laundry.Karena usaha laundry yang makin berkembang, maka lahirlah usaha menjual produk sabun dan parfum laundry dan perlengkapan laundry lainnya. Semua ide tersebut didapatkan karena ada analisa kebutuhan dan bagaimana memanfaatkan peluangnya. Begitulah kebutuhan komplementer pelengkap usaha akan saling sambung menyambung dan berkaitan  sehingga melahirkan usaha baru.

Ada 3 hal yang harus selalu ada dalam setiap menjalankan usaha yaitu kreatifitas, inovasi,  dan kerja keras. Semua itu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Oleh : Arif Agustian

Shares
Share This