Pilih Bengkel Resmi Agar AC Mobil Anda Tetap Awet

Cirebonmedia.com- Kenyamanan saat berkendara adalah suatu hal yang paling diinginkan seseorang. Berkendara dan kenyamanan saat di perjalanan dapat menciptakan suasana perjalanan yang baik dan menyenangkan. Serta hal tersebut merupakan faktor penting bagi pengendara untuk tetap fokus mengemudikan kendaraannya hingga mencapai tempat tujuan. Dan salah satu komponen kendaraan yang mampu menciptakan suasana nyaman adalah AC.

Secara mendasar prinsip kerja AC mobil adalah mensirkulasikan udara yang ada didalam kabin mobil, dimana udara di dalam kabin yang telah menyerap panas dari penumpang dihisap oleh blower untuk didinginkan pada evaporator. Selanjutnya udara yang telah dingin akan menyentuh penumpang kembali untuk menyerap panas.Oleh sebab itulah penumpang merasa adanya udara dingin.

Seiring dengan perkembangan zaman dari dunia teknologi hingga bisnis, menciptakan suatu ruang yang membuat manusia seakan kehabisan waktu. Kemajuan zaman telah membuat manusia menjadi super sibuk, dan hal inilah yang menjadi sebab kurangnya perhatian dan perawatan pada AC mobil.

Pada AC kendaraan yang paling sering dihadapi adalah permasalahan pada Refrigerant atau Freon, ada pun permasalahan yang sering terjadi yaitu:

  • Penambahan Refrigerant tanpa penambahan oli dapat mengakibatkan kerusakan fatal pada compressor, Oli Compressor tidak hanya melumasi Compressor, tetapi juga bercampur/menyatu dengan Freon ke seluruh bagian/saluran AC. Sehingga jika terjadi kebocoran Refrigerant, Oli Compressor juga akan berkurang.
  • Berkurangnya Refrigerant secara tidak normal pada sirkulasi dipastikan akibat terjadinya kebocoran pada komponen, Situasi ini harus cepat ditangani karena berpotensi merusak Compressor.
  • Jangan menggunakan Refrigerant yang tidak sesuai dengan sistem AC kendaraan anda, setiap jenis refrigerant mempunyai karakteristik yang berbeda dan titik penguapan yang berbeda. Compressor dan Oli Compressor sudah ditentukan oleh Manufacturer, sehingga jika merubah bisa menyebabkan kerusakan Compressor/Komponen AC Mobil. Carilah Bengkel dengan alat Refrigerant Identifier, hal ini untuk memastikan kemurnian Refrigerant di mobil anda.
  • Kontaminasi Freon bisa disebabkan dua hal, yaitu Refrigerant yang tidak sesuai atau ada nya Udara yang masuk ke dalam sistem AC, udara ini bisa masuk jika proses recharge Refrigerant tidak didahului vacuum yang sempurna. Udara yang masuk biasanya mengandung kelembaban (uap air), sehingga mempercepat proses oksidasi pada Oli Compressor, jika terjadi Oksidasi, Oli Compressor akan mengalami penurunan daya lumas dan mulai menyebabkan korosi di saluran AC.

IMG_1175 Ketika merasakan AC mobil tidak dingin, kebanyakan orang langsung menuju bengkel untuk mengisi freon. Namun, banyak bengkel AC di luar sana yang memasang papan iklan di tempat usahanya dengan harga yang sangat murah. Dan mereka dengan senang hati menambah freon tanpa menjelaskan sebab mengapa freon itu berkurang dan juga dengan jenis dan prosedur yang salah. Hal ini harus diwaspadai karena sangat merugikan, prosedur saat pengisian freon yang salah dapat menyebabkan kerusakan yang tadinya kecil menjadi besar karena hal tersebut membawa dampak buruk pada komponen AC lainya.

Untuk mendapatkan kesejukan dan kenyamanan saat berkendara, sebaiknya anda memilih bengkel resmi untuk menanggulangi masalah pada freon Anda. Denso (Authorized Work Shop) Cirebon dengan menyediakan Jasa Perawatan serta menjual produk AC dengan kualitas unggulan yaitu Denso. Denso (Authorized Work Shop) Cirebon sendiri beralamatkan di Jl. Wahidin 3A (sebelah Bank Sinar Mas) Kota Cirebon.

 

 

Denso (Authorized Work Shop):

 

Alamat: Jl. Wahidin No. 3 A (sebelah Bank Sinar Mas) Kota Cirebon

No Telp: (0231) 222 092

 

 

Kini sudah ada Part Shop kami:

 

Alamat: Jl. Basalamah No. 59 D

Panjunan, Kota Cirebon

No Telp: (0231) 8300 853

Shares
Share This