Denso (Authorized Work Shop) Cirebon, Bocorkan Tips Merawat AC Mobil Agar Sehat

Cirebonmedia.com– Kesejukan dan kenyamanan saat berkendara merupakan suatu hal terpenting yang harus dimiliki oleh sebuah mobil. Karena hal tersebut dapat menentukan tingkat kenyamanan bagi seseorang untuk berkendara. Dan AC merupakan fitur yang mampu memberikan kenyamanan dan kesejukan.

AC pada sebuah mobil merupakan salah satu benda yang penting, karena sebuah AC mampu memberikan kenyamanan bagi pengendara saat berkendara. fitur ini juga sangat rentan akan kerusakan jika tidak dirawat dengan baik. Ada beberapa hal yang dapat membuat sebuah AC menjadi tidak dapat bertahan lama atau mudah rusak. Hal yang sering terjadi ialah kurangnya pemahaman pemilik mobil soal perawatan seperti pemeriksaan pada kondisi filter, Freon yang berkurang serta pemeriksaan pada kondensor yang terletak pada bagian depan mobil.

Beberapa penyebab dan kenapa Ac mobil tidak dingin atau dinginnya berkurang baik saat berjalan disiang hari, saat berhenti atau kena macet, serta  permasalahan ac yang lain seperti ac tidak keluar angin, keluar angin namun kurang dingin (dinginnya lama), dsb.

Air Conditioner atau lebih sering disingkat AC, tentu memiliki peranan yang sangat penting dalam mobil. Bayangkan bila mobil anda AC-nya dalam kondisi rusak, dan anda sedang terjebak macet disiang hari. tentu hal itu bagaikan mimpi buruk yang tidak anda inginkan sama sekali.

Lalu bagaiman bila AC anda masih bisa menyala namun tidak bisa dingin dengan maksimal ataupun anda  mulai merasakan berkurangnya dingin yang dihasilkan oleh AC di dalam mobil. Apa saja yang menjadi penyebabnya? Dan mengapa itu bisa terjadi dan apa yang mempengaruhinya? Inilah jawabannya.

AC mobil terdiri dari beberapa komponen utama, diantaranya sebagai berikut;

  1. Kondensor
  2. Evaporator (Evap)
  3. Freon / Cairan Freon
  4. Motor Fan / Kipas
  5. Kompressor
  6. Magnetic Clutch
  7. Exspansi valve
  8. Dryer
  9. Serta komponen-komponen yang lain seperti selang, seal, swicthing, dll.

 

Penyebab utama AC tidak dingin atau masalah “yang paling sering terjadi” adalah freon berkurang atau habis.

Penyebab dari berkurangnya kerja dari AC mobil bisa disebabkan oleh kebocoran yang terjadi pada AC. Kebocoran tersebut kemudian membuat freon yang di dalamnya menjadi berkurang atau bahkan sudah habis sama sekali. Lalu kebocoran tersebut akan mempengaruhi kinerja dari komponen lainnya, yang juga akan memperparah adanya kerusakan.

Kebanyakan yang menjadi penyebab kebocoran AC terletak pada karet seal pada sambungan selang atau pipa atau bisa juga karena sudah renggang, termasuk lubang sekecil jarum pada selang atau pipa juga bisa menjadi penyebab bocornya freon AC mobil anda.

 

Cara mengecek freon masih atau tidak, secara manual adalah dengan melihat kondisi freon melalui kaca pada dryer AC dan mesin hidup. Bila setelah itu freon berbusa maka freon pada AC dalam kondisi habis karena bila Freon masih ada akan terlihat bening dari kaca.

Jika freon tidak bocor dan normal maka tekanan freon-nya kurang, ini disebabkan karena kompressor sudah tidak maksimal lagi, bisa karena oli, dsb.

“Ingat!!! bahwa kualitas freon itu juga bermacam-macam termurah sampai yang termahal, freon manakah yang anda pakai? jangan terpancing pada kalimat ‘ isi freon murah’, berkualitas atau tidak akan berpengaruh pada dinginnya AC.

Berkurangnya freon juga dapat mengakibatkan kompresor, ekspansi dan tabung dryer kemudian menjadi berat. Bila hal tersebut dibiarkan terus menerus terjadi maka yang ada adalah AC kemudian menjadi jebol. Dan hal tersebutlah yang biasa terjadi pada AC mobil, karena kurang diperhatikan kondisinya, maka kebocoran tidak terlihat apalagi kondisi dari freon. Apabila kondisi freon sudah diperhatikan maka perlu juga untuk memperhatikan kondisi atau ketersediaan dari oli kompresor”.

Karena oli kompresor juga harus diganti, kemudian jangan lupa untuk membuang sisa dari freon dan menganti semuanya dengan freon yang baru.

Malam hari AC mobil saya dingin tapi ketika siang hari tidak dingin, kenapa?

Evaporator adalah komponen ac yang bertugas menyerap udara dari luar dan mengubahnya menjadi udara dingin melalui sirip-sirip pendingin atau mudahnya merubah cairan freon menjadi gas dingin.

Karena evap-nya sudah tidak bekerja maksimal tentu dinginnya ac juga berkurang, sehingga udara yang lebih panas disiang hari tidak bisa dirubah menjadi lebih dingin, namun jika malam hari udaranya tidak begitu panas jadi ac masih lebih dingin daripada siang hari.

Kenapa disaat mobil saya jalan kencang AC-nya terasa dingin, tapi ketika berhenti atau macet dinginnya tidak terasa lagi?

Disaat mobil berjalan kencang terpaan angin akan terasa, (kondensor lebih dingin) jika berhenti atau berjalan lambat terpaan angin juga sedikit sekali, disinilah fungsi dan kegunaan motor fan AC (kipas), lalu kenapa fan ac sudah tidak maksimal? bisa jadi karena memang sudah lemah, bisa juga tidak jalan alias macet, kemudian swicthing rusak dan thermostats tidak berfungsi, jika sudah begini lebih baik ganti dengan satu paket karena lebih meyakinkan daripada rusak-rusak lagi dikemudian hari.

Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi kelistrikannya. Ektra Fan AC ini menjadi penting untuk diperhatikan karena pada bagian elektriknya atau sirkulasi kelistrikannya untuk mencegah masalah yang ditimbulkan pada AC mobil anda.

 

Ada beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan agar Air Conditioner (AC) dapat bertahan lama atau tidak mudah rusak antara lain:

  • Jagalah kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Yang perlu paling diperhatikan adalah 2 lembar karpet di depan karena akan tersedot ke dalam evaporator sehingga akan menimbulkan jamur yang buruk buat kesehatan penumpang. Bila hal ini dibiarkan, karpet tersebut akan menimbulkan bau yang kurang enak ketika AC pertama kali dihidupkan.

 

  • Usahakan selalu memilih tempat parkir yang teduh jika Anda hendak parkir daiam waktu yang cukup lama di suatu area yang panas. Udara panas yang masuk ke dalam mobil akan membuat beban pendinginan yang dilakukan AC menjadi lebih berat.

 

  • Periksalah kipas di depan kondensor apakah hidup ketika AC dihidupkan. Jika tidak, segeralah ganti untuk menghindari kerusakan pada Compressor.

 

  • Usahakan jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori Evaporator, sedangkan nikotinnya akan melengket dan berlendir serta menimbulkan bau kurang sedap dan sulit dihilangkan.

 

  • Usahakan parfum/pewangi mobil jangan gonta ganti aromanya, dan jangan memakai parfum/pewangi ruangan mobil yang berjenis gel, pakailah parfum/pewangi mobil yang terbuat dari kertas.

 

  • Biasakan sebelum menghidupkan mesin, ingatlah untuk selalu mematikan AC terlebih dahulu. Sesudah mesin stabil baru hidupkan AC. Begitu sebaliknya, ketika hendak mematikan mesin, matikan AC terlebih dahulu sebelum mematikan mesin.

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan agar AC tidak mudah rusak, akan tetapi perawatan berkala seperti service rutin dan pemilihan AC dengan kualitas baik dapat menentukan usia AC bertahan lama.

Denso-Small Di kota yang dikenal dengan sebutan Kota Wali dan Kota Udang sudah ada Dealer Resmi Denso (Authorized Work Shop) Cirebon dengan menyediakan Jasa Perawatan serta menjual produk AC dengan kualitas unggulan yaitu Denso. yang beralamatkan di Jl. Wahidin 3A (sebelah Bank Sinar Mas) Kota Cirebon.

Denso sendiri merupakan produsen AC mobil yang telah dikenal dunia dengan kualitas nomor wahid. Pada jasa perawatannya pun Denso (Authorized Work Shop) Cirebon memiliki tenaga-tenaga ahli yang sudah memiliki Sertifikat dan sangat berpengalaman dibidangnya yang siap merawat AC mobil anda lebih tahan lama.

AC dingin belum tentu sehat, AC sehat pasti dingin. Segera booking untuk service dan rawat AC mobil anda di Denso (Authorized Work Shop) Cirebon.

 

 

 

Denso (Authorized Work Shop):

 

Alamat: Jl. Wahidin No. 3 A (sebelah Bank Sinar Mas) Kota Cirebon

No Telp: (0231) 222 092

 

 

Kini sudah ada Part Shop kami:

 

Alamat: Jl. Basalamah No. 59 D

Panjunan, Kota Cirebon

No Telp: (0231) 8300 853

 

Bagi anda yang ingin membeli spare part sendiri bisa langsung datang ke Part Shop kami, alamat seperti di atas.

Shares
Share This