Cirebon Historia Run “ Running and Exploring the Heritage of Cirebon “

 

Cirebon, 28 Desember 2018 – Banyaknya sejarah yang berkembang di kota Cirebon menjadikannya “second city” setelah Bandung sebagai tujuan kota untuk berwisata.  Berangkat dari hal tersebut, maka tema yang diambil dalam event Cirebon Historia Run yaitu “Running and Explore the Heritage of Cirebon” . Event ini akan dilaksanakan pada Minggu, 3 Februari 2019 dan sesuai dengan temanya, para pelari akan diajak untuk berhistoria menyusuri bangunan-bangunan bersejarah yang ada di kota Cirebon, dengan dua kategori 5 KM dan 10 KM. Garis start finish yaitu di Batiqa Hotel Cirebon, Jl. Cipto Mangunkusumo No. 99.

Mengingat event Cirebon Historia Run ini merupakan event yang pertama kali di adakan di kota Cirebon,  kegiatan ini diharapkan akan menjadi Annual Event dari kegiatan kota Cirebon sendiri. Di Tahun pertama ini, PT. Mahanaim Cipta Kreasindo yang merupakan Event Organizer kegiatan ini, menggandeng kerjasama dengan Batiqa Hotel Cirebon yang nantinya lokasi tersebut juga menjadi tempat Pengambilan Racepack yang di adakan 1 hari sebelum Race berlangsung yaitu pada tanggal 2 Februari 2019, dan juga menjadi Rce Area pada tanggal 3 Februari 2019.

Tujuan utama dan terpenting dari diselenggarakannya event ini tak lain yakni untuk mengajak masyarakat kota Cirebon menikmati kotanya sendiri sambil berolahraga. Dan tak hanya itu, lewat event ini diharapkan para wisatawan dari luar daerah pun bisa datang ke Cirebon dan menjadikan Cirebon sebagai salah satu tujuan wisata bersama keluarga. Apalagi dengan sebutannya sebagai “second city” setelah Bandung, tentunya diharapkan wisatawan lokal maupun asing tidak ragu lagi untuk menjadwalkan liburan bersama keluarga di kota Cirebon.

Rute yang disediakan pun sangat identik dengan bangunan-bangunan yang lekat dengan ciri khas kota Cirebon. Secara, kota Cirebon ini sangat kaya akan peninggalan-peninggalan sejarah yang membuatnya memiliki citra otentiknya tersendiri. Mega Handayani selaku Project Manager menyebutkan bangunan yang akan dilewati peserta seperti Keraton Kasepuhan, bangunan bekas pabrik rokok, Stasiun Perujakan, dan beberapa kuil-kuil dan juga pasar rakyat.

Berlari dengan berhistoria menysusuri peninggalan sejarah kota memang fun, akan tetapi event ini juga tetap sebagai ajang kompetisi bagi yang mengikutinya. Akan ada juara 1,2,dan 3 dengan total hadiah sampai 20 juta rupiah. Di samping itu, para peserta juga akan diberikan medali. Terkait peserta, sebenarnya tidak ada batasan umur. Akan tetapi, pihak penyelenggara menyarankan usia dari 17 hingga 55 tahun.

Untuk bisa mengikuti event ini, pelari bisa meregistrasikan diri dan juga komunitasnya lewat registrasi online pada official website di www.cirebonhistoriarun.com, dengan harga yang ditawarkan yaitu harga early bird sebesar 150 Ribu rupiah untuk kategori 5 KM dan 200 Ribu rupiah untuk kategori 10 KM. Harga early bird ini akan tutup sampai dengan tanggal 10 Januari 2019 yang mana setelahnya harga kedua kategori ini akan naik sebesar 250 Ribu Rupiah untuk 5 KM dan 300 Ribu rupiah untuk 10 KM.

Untuk harga komunitas tentunya akan ada diskon menarik yaitu 10% sampai 20%. Tidak hanya itu, Batiqa Hotel Cirebon juga akan menyediakan harga khusus dengan fasilitas yang menarik dan juga sudah di bundling dengan slot tiket lari.

Ibu Catleya Parengkuan, CA selaku GM Batiqa Hotel Cirebon menyatakan sangat mendukung penuh kegiatan ini. Bahkan, beliau pun berharap ini bisa menjadi event tahunan bagi Batiqa Hotel, dan dapat meningkatkan wisatawan yang datang ke Cirebon dan tentunya mengajak masyarakat Cirebon untuk mengikuti acara ini secara rutin. Karena ini sangat membantu dalam melakukan pola hidup sehat lewat berolahraga khususnya dalam bidang lari.

Jadi tunggu apalagi? Segera daftarkan diri serta komunitas anda. Catet waktu dan tempatnya, jangan sampai ketinggalan event menarik ini ya.

Untuk info lebih lanjut, silahhkan kunjungi website di www.cirebonhistoriarun.com atau bisa juga menghubungi panitia di nomor 0878 8855 7116 (Mega).

 

Image: Rifqi

Shares
Share This