KEHILANGAN TERBESAR DALAM DUNIA MUSIK IRLANDIA

Cirebonmedia.com – Berita yang menggemparkan dalam belantika musik internasional ketika mendengar sebuah kabar mengenai kematian mendadak dari vokalis The Cranberries  Dolores O’Riordan. Hal ini menjadi sebuah bentuk kehilangan terbesar dalam dunia musik Irlandia karena berbagai prestasi yang menginspirasi  banyak musisi didunia selama ini.

 

“Kehilangan terbesar dalam dunia musik Irlandia Dolores O’Riordan – The Cranberries  (6 September 1971 – 15 Januari 2018)”

 

Musisi asal Irlandia yang memiliki nama lengkap Dolores Mary Eileen O’Riordan, merupakan seorang penyanyi dan penulis lagu yang dikenal akan suara mezzo soprano yang khas nan memikat. Ia ditemukan tak bernyawa pada usianya yang ke-46 tahun di lokasi Hotel Hilton Park Lane London pada Senin pagi tanggal 15 Januari 2018 lalu.

 

Kematian mendadaknya ini menimbulkan sebuah tanda tanya besar dibenak setiap orang terkhusus fans nya. Dikutip dari pernyataan juru bicara Scotland Yard bahwa tidak ditemukannya tanda-tanda yang mencurigakan dari kematiannya, namun masih belum ditemukan penyebab yang pasti terkait kematiannya tersebut.

 

Sebelum kabar kematiannya muncul, berdasarkan pernyataan dari pihak The Cranberries keberadaan Dolores di lokasi tersebut adalah dalam rangka memenuhi jadwal rekaman ulang single yang pernah menjadi global hits di tahun 1990-an yang bertajuk Zombie.

 

Kehilangan Terbesar Dalam Dunia Musik Irlandia
Photo by: www.google.com

Semasa hidupnya Dolores mengawali karirnya dalam band Cranberry Saw Us  di tahun 1990 yang kemudian mengganti nama menjadi The Cranberries. Berbagai penghargaan telah ditorehkannya melalui album dan single yang telah dikeluarkannya Bersama The Cranberries, serta berbagai prestasi lainnya.

 

Pasca kematian Dolores O’Riordan dilansir dari Nielsen Music, berdasarkan data penjualan awal di US total penjualan musik The Cranberries meningkat sebesar 11,094%  darai tanggal 14 Januari 2018 sebelumnya.

 

Dari segi penjualan album The Cranberries ditanggal 15 Januari lalu laku terjual hingga 9000 copy meningkat 14,991%. Selain itu juga lagu mereka terjual sebanyak 35000 copy dalam format unduhan digital meningkat sebesar 10,462%. Diprediksikan beberapa lagu andalan dari album popular The Cranberries akan kembali menduduki tangga lagu Billboard’s minggu depan.

 

Semenjak kematiannya di hari senin lalu, kabar tentang kematian Dolores O’Riordan mencuat di media sosial. Nama Dolores O’Riordan dan The Cranberries beberapa kali menjadi topik paling populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Berdasarkan data survey dari Spredfast namanya dicuitkan hampir 600.000 kali sementara nama grupnya disinggung dalam lebih dari 700.000 cuitan di Twitter.

 

Sumber :

http://www.theguardian.com

http://www.bbc.com

http://www.wikipedia.com

Shares
Share This