KARENA HIMPITAN EKONOMI, HAL INI KERAP TERJADI

Cirebonmedia.com – Kondisi perekonomian saat ini sangat menghawatirkan. Banyak masyarakat yang akhirnya terhempit masalah ekonomi. Dan fatalnya mereka tidak jarang mengambil jalan pintas. Salah satunya maraknya kasus penjualan ginjal secara ilegal. Tanpa berfikir panjang, mereka menjual satu ginjalnya tanpa mengetahui dampaknya dimasa mendatang. Meski bisa hidup dengan satu ginjal, kemungkinan besar pelaku penjual ginjal berisiko ikut terkena sakit ginjal yang parah.

Ginjal sangat penting untuk menjaga kesehatan. Selain membersihkan darah, ginjal berfungsi  menjaga jumlah mineral di dalam tubuh. Disamping membantu menjaga tekanan darah. Membuat sel-sel darah merah dan menjaga tulang yang kuat. Ginjal merupakan organ yang berfungsi menyaring zat-zat sisa dalam darah untuk kemudian dikeluarkan dari tubuh. Bila fungsi ginjal terganggu maka proses penyaringan darah akan terggangu juga. mengakibatkan zat-zat yang bersifat racun beredar dalam darah. Racun ituakan bergerak menuju organ lain dalam sistem peredaran darah terutama jantung. Akibatnya kerja jantung akan terganggu.

Banyak masyarakat yang akhirnya terhempit masalah ekonomi. Dan fatalnya mereka tidak jarang mengambil jalan pintas. Salah satunya maraknya kasus penjualan ginjal secara ilegal. Tanpa berfikir panjang, mereka menjual satu ginjalnya tanpa mengetahui dampaknya dimasa mendatang.

GINJAL 593x890
Image By: Google.com

Ginjal menyaring darah sebanyak 1.500 liter per hari, sehingga ada beberapa zat yang harus dibuang melalui alat pengeluaran. Tahukah anda zat-zat apa saja yang dibuang melalui ginjal? Urea, amonia, dan air dibuang melalui ginjal berupa urine. Urine yang dihasilkan dalam waktu satu hari lebih kurang 1,5 liter.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek angkat bicara. Dia menegaskan praktik jual beli organ tubuh itu dilarang keras. Menurut Menkes Nila, cangkok organ bagaimanapun memang dibutuhkan. Namun untuk menjadi donor, harus didasarkan pada keikhlasan. Sedangkan praktik jual beli tidak bisa diterima baik dari sisi agama maupun sosial. Menurut Menkes, donor ginjal dibutuhkan oleh pasien gagal ginjal kronis yang jumlahnya di Indonesia saat ini mencapai 150 ribu orang. Tanpa melakukan cangkok ginjal, pasien tersebut harus menjalani cuci darah atau hemodialisis 4-8 kali sebulan dengan biaya antara Rp 800 ribu – Rp 1,4 juta sekali hemodialisis. Sebagai alternatif, pasien gagal ginjal dapat melakukan transplantasi ginjal dengan biaya yang jauh lebih murah dari hemodialisa.

Sejatinya seorang manusia memiliki 2 ginjal lengkap yang terletak di posterior perut bagian bawah. Terdapat satu disetiap sisi tulang belakang tepat dibawah hati dan limpa. Bagian atas dari masing-masing ginjal disebut dengan kelenjar adrenal

Banyak orang yang sudah menjual ginjalnya mengalami penurunan stamina dan tidak mampu melakukan aktivitas secara normal alias gampang lelah karena fungsi ginjalnya tinggal sebelah. Belum lagi jika ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik, maka si pelaku penjual ginjal harus melakukan cuci darah atau transplantasi ginjal yang mungkin ongkosnya lebih mahal saat ia menerima uang dari hasil jual ginjalnya.

 

Oleh,Moh.Alfian

Menu

Pin It on Pinterest

Shares
Share This