Cirebonmedia.com – Teknologi rasional. Kata teknologi berasal dari Perancis, yaitu La Teknique yang dapat diartikan dengan ”Semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional”. Dalam hal ini yang dimaksudkan dengan sesuatu itu dapat saja berupa benda atau konsep.

Proses perkembangan teknologi biasanya dapat dilihat lewat barang, benda atau alat-alat yang dihasilkan. Utamanya karena untuk memudahkan realisasi hidup manusia. Dalam penerapan keilmuan, teknologi mempelajari dan mengembangkan kemampuan dari suatu rekayasa dengan langkah dan teknik tertentu dalam suatu bidang. Teknologi juga merupakan aplikasi ilmu dan engineering untuk mengembangkan mesin dan prosedur yang memperluas kondisi atau paling tidak memperbaiki efisiensi manusia pada beberapa aspek. Jadi teknologi bukan lagi sekedar hasil daya cipta dari kemampuan dan keunggulan manusia, tetapi ia telah menjadi suatu penciptaan yang berdiri dan tumbuh di luar kemampuan manusia. Pada gilirannya, kemudian membentuk dan menciptakan suatu komunitas manusia yang lain.

Foto :aufklarung

Salah satu teknologi canggih yang muncul di tahun 2017 adalah AI (Artifficial Intelligent) dan Advanced Machine Learning. Teknologi ini sebenarnya bukan penemuan baru, melainkan pengembangan dari teknologi sebelumnya. Teknologi ini akan membuat perangkat dan program menjadi jauh lebih canggih seperti, mampu mempelajari, memahami, beradaptasi dan disinyalir bisa beroperasi secara mandiri. Penemuan ini tentu sangat berarti, khususnya di dunia robotic, dan tidak menutup kemungkinan teknologi ini membuat manusia bisa berkomunikasi dengan robot. Intelligent things adalah sebuah teknologi yang menggunakan AI dan Machine Learning dalam memprediksi objek lain.  Intelligent things bisa dipasang di drone dan smart appliances. Ini merupakan teknologi terbaru yang akan membantu manusia dalam melakukan beberapa kegiatan, seperti berkendaraan. Karena teknologi ini bisa memperpediksi jarak kendaraan dengan benda di sekitarnya terlalu dekat.  ini bisa juga diterapkan di kendaraan, elektronik untuk konsumen, visual personal assistants.

Proses perkembangan teknologi biasanya dapat dilihat lewat barang, benda atau alat-alat yang dihasilkan. Utamanya karena untuk memudahkan realisasi hidup manusia. Dalam penerapan keilmuan, teknologi mempelajari dan mengembangkan kemampuan dari suatu rekayasa dengan langkah dan teknik tertentu dalam suatu bidang.

Digital twin juga merupakan penemuan terbaru dibidang teknologi digital. Dengan digital twin software semua akan terlihat lebih dinamis dalam fisik dan sistemnya. Sistem kerja digital twin adalah mengandalkan data yang disediakan sensor untuk merespon sebuah perubahan, memahami keadaan, dan meningkatkan kinerja. Sistem ini disinyalir bakal menggantikan ketrampilan manusia dalam monitoring, perencanaan jasa, dan memperbaiki peralatan.

Teknologi yang mengalami pembaruan dan bakal populer ialah Virtual Reality dan Augmented Reality. Sebenarnya kedua teknologi ini sudah ada di beberapa tahun terakhir, namun sampai saat ini keduanya masih dalam proses penggembangan dan beberapa perbaikan. Diprediksi teknologi ini akan muncul pada tahun 2021. Teknologi lain yang menggunakan AI dan akan hadir di tahun ini ialah Intelligent apps, salah satu contoh penggunaan intelligent pass ialah pada penggunaan virtual asissten yang akan membuat hidup lebih mudah, karena teknologi ini mampu membantu pekerjaan sehari-hari manusia.

 

Oleh, Ar gusti