BATIK SEBAGAI IDENTITAS BANGSA INDONESIA

Cirebonmedia.com – Batik sebagai indentitas Bangsa Indonesia. Tanggal 2 Oktober 2009 ditetapkan sebagai hari Batik Nasional berdasarkan keputusan UNESCO,  yaitu badan PBB yang membawahi bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan. UNESCO secara resmi mengakui batik sebagai warisan budaya dunia dan memasukannya dalam daftar representatif benda warisan manusia. Pengakuan terhadap batik adalah bentuk pengakuan batik sebagai indentitas Bangsa, terhadap budaya Indonesia. Hari Batik Nasional adalah perayaan nasional  untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi.  Hari ini semua anak sekolah, karyawan swasta dan instansi pemerintah disarankan mengenakan batik. Batik adalah identitas bangsa Indonesia yang telah mendunia dan menjadi pakaian resmi.

Tanggal 2 Oktober 2009 ditetapkan sebagai hari Batik Nasional berdasarkan keputusan UNESCO  yaitu badan PBB yang membawahi bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan. UNESCO secara resmi mengakui batik indonesia sebagai warisan budaya dunia dan memasukan batik dalam daftar representatif tak benda  warisan manusia.

Ada bermacam-macam batik dari berbagai daerah. Hampir semua provinsi memiliki batik khasnya masing-masing.  Solo, Jogja, Pekalongan dan Cirebon contoh kecil dari sekian banyak kota di Indonesia yang memiliki batik.

Foto :Google.com

Cirebon merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki batik selain Indramayu, Tasikmalaya dan Garut.  Cirebon adalah sentra batik tertua yang memberikan pengaruh terhadap ragam pola di Jawa Barat. Batik Cirebon sendiri ada bermacam-macam. Ada motif Megamendung, Paksi Naga Liman, Singa barong, Patran keris, Singa Payung dan lain-lain. Dari sekian banyak motif yang terkenal adalah motif Megamendung. Motif ini menggambarkan awan pembawa hujan untuk kesuburan. Sejarah motif ini berkaitan erat dengan kedatangan bangsa Tionghoa ke Cirebon. Sentra Batik Cirebon terdapat di Desa Trusmi, Plered Cirebon. Disana terdapat ratusan gerai-gerai mulai dari yang kecil hingga yang besar.

Hari batik merupakan tolak ukur dari perkembangan batik Indonesia. Sejak batik mendapat kan apresiasi dunia beragam batik bermunculan di seantero Indonesia. Pengusaha-pegusaha batik pun mulai bergairah menjalankan usahanya,  Walaupun batik sudah populer sejak puluhan tahun silam. Batik adalah budaya Indonesia yang diakui UNESCO. Bahkan batik sempat di Klaim oleh Malaysia. Batik juga sudah menjadi cinderamata wajib bagi kepala negara yang berkunjung ke Indonesia. Smakin banyak para presiden negara-negara sahabat yang gemar memakai batik. Mencitai batik berarti mencintai budaya Indonesia yang beraneka ragam.

SELAMAT HARI BATIK NASIONAL

 

Penulis : Rief

@dari berbagai sumber

Shares
Share This