Cirebonmedia.com – Kenali tanda-tanda stres berat. Karena stres berat itu dapat dilihat dengan mudah. Stres merupakan ketegangan atau gangguan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor dari luar, misalnya karena banyaknya pekerjaan yang menumpuk, masalah keluarga, atau karena putus cinta.  Untuk  yang punya kesibukan pekerjaan (karier), tentu harus berhati-hati dengan yang ancaman stres. Stres bisa melanda bila anda tidak bisa mengkondisikan hati dan emosi dengan baik dan bijak. Sedangkan bagi yang punya masalah keluarga hendaknya diselesaikan dengan kebesaran hati dan jangan terlalu dipikir berat.

Kenali tanda-tanda stres berat. itu dapat dilihat dengan mudah, Stres merupakan ketegangan atau gangguan mental dan emosional.

Stres bisa diatasi dengan relaksasi, berlibur, bercanda ria bersama keluarga atau teman-teman. Karena bila tingkat stres sudah kronis, maka fisik akan mudah terserang oleh virus maupun penyakit.

Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya selama tetap memelihara keseimbangan emosi yang baik.

Foto : naturally.com

Berikut ini beberapa tanda stres berat yang perlu diketahui :

  • Terus menerus jatuh sakit
    Terus menerus jatuh sakit merupakan tanda bahwa kita sedang mengalami stres berat.
  • Susah berkonsentrasi
    Hati-hati jika gila kerja dan sering stres, akibatnya  jadi susah berkonsentrasi. bahkan mengingat hal kecil pun jadi sangat sulit. Penelitian menunjukkan bahwa stres berkepanjangan bisa merangsang perkembangan protein yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.
  • Sakit kepala 
    Jika pelipis terasa berdenyut atau kepala terasa seperti dihantam palu berkali-kali, itu tandanya sedang merasakan stres berat. Berhati-hatilah karena itu bisa jadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius. Apalagi jika disertai dengan masalah gangguan tidur  Saat merasa sudah sangat lelah tapi mata tak bisa juga terpejamr, bisa jadi itu karena pengaruh stres.
  • Punggung dan leher terasa pegal
    Rasa sakit di punggung dan leher, bisa jadi bukan hanya karena masalah duduk dalam waktu yang lama. Dr. Colgan mengungkapkan bahwa stres yang berlebihan bisa menciptakan rasa tidak nyaman dan menimbulkan rasa sakit otot.
  • Rambut semakin mudah rontok
    Jika bangun pagi hari lalu mendapati banyak sekali rambut rontok, itujuga  bisa jadi tanda anda terkena alopecia areata.Penyakit tersebut merupakan penyakit kulit autoimun, penyakit di mana sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut dan membuatnya jadi semakin mudah rontok. Meskipun bukan tergolong penyakit yang serius, tapi penyakit ini  berkaitan dengan stres.

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres. Beberapa diantaranya adalah :

  • Mandi berendam dengan air hangat.
  • Berhubungan seks (pastinya untuk Anda yang sudah memiliki suami).
  • Meluangkan waktu untuk jalan-jalan santai.
  • Mengenakan baju seksi yang paling nyaman saat di rumah.
  • Melakukan meditasi atau yoga.
  • Meminta pasangan Anda untuk memberikan pijatan sensual pada tubuh Anda.
  • Mengobrol dengan orang terdekat.
  • Menghabiskan waktu melakukan hobi atau kegiatan yang paling Anda sukai.

Memahami sinyal-sinyal yang dikirimkan oleh tubuh, memudahkan kita untuk meredakan stres yang datang. Imbangi juga dengan mengonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur.

 

Editor, Fian

@dari berbagai sumber