Cirebonmedia.com – Gitar adalah alat musik masyarakat Spanyol. Meski ada catatan yang bilang bahwa sejarah alat itu sudah ada pada jaman Babilonia. Awalnya alat musik ini bentuknya kecil dengan empat dawai yang masing – masing berpasangan. Seorang desainer, Luthier Antonio Torres telah berjasa dalam pengembangan alat musik ini di masa depan. Ia menambah ukurannya dan mencoba meningkatkan bunyinya agar lebih keras dan selaras. Ia pun menyempurnakan bentuknya, seperti, membuat leher gitar lebih lebar dan tipis dari pada bentuk sebelumnya. Torres juga membuat standar dawai dengan ukuran panjang 65 cm yang sampai sekarang masih di pakai. Dari hasil eksperimen yang dibuatnya itulah, kemudian menjadi standar gitar modern yang dipakai sampai sekarang.

Selama jaman Renaissance alatmusik yang dipetik ini tidak populer dan tidak diminati. Namun setelah Alonso Mudarra memperkenalkan alat musik ini untuk karyanya, orang mulai tertarik mendengarkan dan memainkannya. Pada periode tahun 1750-1775 banyak muncul komposer gitar terkenal, diantaranya Fernando Sor, Mauro Giuliani, Matteo Carcassi, D. Aguado dan Fernando Carulli. Mereka menulis musik dan kerap mengadakan konser di berbagai tempat. Salah satu karya fundamental dari komposisi gitar yang masih bertahan hingga kini adalah Nicolo Paganini.

Awalnya alat musik ini bentuknya kecil dengan empat dawai yang masing – masing berpasangan. Seorang desainer, Luthier Antonio Torres telah berjasa dalam pengembangan alat musik ini di masa depan.

Adalah Tarrega yang kemudian banyak menulis dan menyusun metoda pengajaran  dan itu dipakai menjadi standar pengajaran gitar klasik sampai sekarang.

Foto :gentlemencode.id

Selain Luthier Antonio Torres yang mengembangkan bentuknya, ada seorang yang bernama stradivarius. yang selain terkenal membuat biola juga mahir membuat gitar.

Pada tahun 1946 dawai alat ini yang sebelumnya terbuat dari Gut (tali yang terbuat dari usus binatang) digantikan dengan dawai yang terbuat dari nylon (string nylon). Dengan memakai string nylon maka suara yang dihasilkan lebih besar dan lebih bagus. Alat musik satu ini terus berkembang sampai sekarang dan sudah menjadi instrumen dunia.

Saat ini gitar begitu populer di masyarakat. Dawai atau string gitar menjadi 6 berpasangan, terjadi pada abad 17 atau pada periode Baroque. Ini memungkinkan para pemain memainkan musik yang lebih kompleks dan luas. Sebelum itu dawai berpasangan dibuat menjadi dawai tunggal dengan susunan 5 baris. Saat kini kita mengenal 6 dawai tunggal yang dipakai.

Oleh, Ar gusti

@disunting dari wikipedia.com

Shares
Share This