Dinas Komunikasi Infomatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon: Jawaban Pemerintah Terhadap Tantangan Era Digital.

Cirebonmedia.com- Menghadapi perkembangan Teknologi yang semakin maju, Pemerintah Kota Cirebon telah bersiap menyongsong tantangan di era digital ini dengan berbagai program pembangunan sistem terintegrasi guna memudahkan proses dan alur kerja pada lingkungan sektoral baik intra maupun antar instansi Dinas dalam Pemerintah Kota Cirebon. Selain itu, beberapa program pun akan memudahkan masyarakat luas untuk mengetahui informasi terkini yang sedang terjadi di Cirebon. Apa saja program-program dan sistem yang akan dibangun? Dinas Komunikasi Infomatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon hadir sebagai jawaban pemerintah terhadap tantangan era digital.

Menurut Kepala Dinas Dinas Komunikasi Infomasi dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Bpk. Iing Damian S.Ip, M.Si saat diwawancarai oleh tim dari Cirebon Media menuturkan, “Kita juga punya beberapa program strategis, dalam artian baik kedalam maupun keluar. Kami diberi tugas untuk membuat integrasi sistem”. Sistem yang ada akan coba diintegrasikan, tapi tentu saja integrasi ini tidak dalam jangka waktu yang pendek, bahwa sistem yang sudah terbangun itu tersebar ke beberapa perangkat daerah. Lalu yang kedua di skala internal dinas, menanamkan mindset bahwa sebagai perangkat daerah mestinya sudah berfikir tentang bagaimana menekankan pola kerja yang  ‘IT minded’. Itu artinya menurut beliau ketika pekerjaan itu dilakukan masih secara konfensional, mulai kita perbaharui polanya dengan menggunakan teknologi informasi. Hal tersebut diyakini akan membantu proses birokrasi administrasi menjadi lebih efektif dan efisien.

Dinas Komunikasi Infomatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon
Tim Kerja Dinas Komunikasi Infomatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon.

Untuk program kerja jangka pendek, di tahun ini Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Cirebon berkonsentrasi pada pengintegrasian beberapa sistem, diantaranya adalah integrasi sistem pendapatan daerah dan sistem perencanaan pembangunan daerah. Selain itu DKIS juga tengah giat menekankan program E-Office. Nantinya semua diskomposisi dilakukan secara electronic, supaya arahnya paperless. Ini diyakini akan menjadi solusi terkait permasalahan berkas kertas yang menumpuk. Dari segi percepatan, DKIS bersinergi dengan pembagian organisasi yang di Sekda. Mengenai urusan tata naskah dinas, bahkan peraturan walikota tentang tata naskah dinas elektronik akan segera dibuatkan. Selain menjadi sistemnya, DKIS juga menjadi pelopor dan pendamping. “Tahun 2017 ini kami akan pilot project di kantor kami dulu, jadi sebelum launching ke seluruh perangkat daerah, perlu di uji terlebih dahulu minimal pejabat yang ada di ruang lingkup DKIS harus familiar dengan gadget atau alat seperti itu,” tutur Kepala Dinas.

Cirebon Media
Iing Damian S.Ip, M.Si. Kepala Dinas Komunikasi Infomatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon

Salah satu program kerja yang jangka menengah adalah pembangunan Media Center sebagai pusat informasi internal kedinasan dan publik. Rencananya lokasi Media Center akan ditempatkan pada ruang paling depan di kantor Dinas Komunikasi Infomatika dan Statistik Kota Cirebon yang beralamat di Jl. Dr. Sudarsono No. 40 Cirebon.

Sementara itu, untuk mengakomodasi sistem dan program kerja yang tengah dibangun, infrastruktur tentunya sangat dibutuhkan sebagai support. Menjawab hal tersebut DKIS akan membangun 8 lantai dengan kebutuhan yang berbeda sebagai program jangka panjang.

Kaidah Smart City tentunya menjadi kiblat sistem dan program kerja DKIS kedepan. Sebuah harapan kedepan bahwa semua sistematika kerja dalam lingkup pemerintahan kota Cirebon dapat terintegrasi sinergis dengan penerapan disiplin sistem informatika yang kreatif & inovatif. Sesuai dengan tagline Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Cirebon; DISIPLIN – KREATIF – INOVATIF – SINERGIS.

 

Oleh: Andri Nugraha.