Peringati 1 Muharram 1438 Hijriah, 38 Masjid Serentak Di Bersihkan

Cirebonmedia.com– Muharram merupakan salah satu dari 4 bulan yang paling mulia dalam kalender Islam. Di bulan ini, umat islam berlomba – lomba melakukan kegiatan amal sholeh dan meningkatkan kualitas iman. Namun banyak yang hanya mengejar pahala sebatas pada kebaikan individual, padahal sebenarnya peluang untuk mewujudkan kebaikan sosial sangat banyak di sekitar kita.

Salah satunya adalah bergotong royong membersihkan rumah ibadah kita sebagai umat islam, yakni masjid. Berawal dari keprihatinan bahwa masih banyak masjid yang tingkat kebersihannya memprihatinkan serta juga banyak yang mengabaikan faktor kenyamanan para jamaah yang data ke masjid. Untuk itu, Komunitas Pengajian Waqiah Permata Hati menggagas sebuah kegiatan yang dinamakan Bersih Besih Masjid atau “BBM”. Terdapat 38 masjid di Kabupaten Cirebon yang akan dibersihkan dalam kegiatan ini, jumlah 38 masjid sendiri diambil berdasarkan dua angka terakhir di tahun hijriyah ini. Kegiatan yang dilakukan pada hari Minggu 2 Oktober 2016 atau 1 Muharram 1438 Hijriah ini diikuti seluruh anggota Pengajian Waqiah Permata Hati yang terdiri dari berbagai latar belakang profesi seperti pedagang, dosen, notaris, polisi, kiai, bahkan pejabat kepala daerah semuanya akan terlibat, tak memandang derajat dan status sosial

Kegiatan mulia yang harus dipertahankan
Kegiatan mulia yang harus dipertahankan

Masjid artinya tempat sujud, masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan – kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur’an sering dilaksanakan di tempat ibadah tersebut. Untuk itu tempat beribadah haruslah selalu bersih dan nyaman agar kegiatan keagamaan bisa berjalan lancar dengan kondisi yang demikian.

Diharapkan, dengan kegiatan ini bisa menginspirasi seluruh masyarakat untuk senantiasa mencintai, memelihara dan memakmurkan masjid. Karena masjid bukan hanya tempat beribadah umat islam saja, melainkan juga salah satu pusat peradaban. Semoga kegiatan mulia seperti ini dapat terus menerus dilakukan agar tumbuh rasa memiliki dalam benak masyarakat pada tempat-tempat beribadah seperti masjid. 

Shares
Share This