Sepeda motor saat ini merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan di dunia. Dari tahun ke tahun sepeda motor terus menerus mengalami perkembangan baik dari sisi bentuk maupun teknologo yang digunakan. Dalam sejarah ada beberapa tokoh yang diakui sebagai penemu sepeda motor. Namun perlu diketahui bentuk awal sepeda motor pertama kali diperkenalan di Eropa sekitar abad ke 19.

Sejarah sepeda motor, dari Sylvester Howard Rover, Ernest Michaux, Lucius Copeland hingga Gottlieb Daimler

Sepeda Motor pertama di Dunia. Sumber : yahoo.com

Mengenai sejarah penemuan sepeda motor, pada awalnya seorang pria berkebangsaan Amerika bernama Sylvester Howard Roper menemukan mesin dua silinder yang menggunakan tenaga uap dan memasangnya di sepeda. Temuan ini dianggap sebagai pemicu munculnya sepeda yang menggunakan mesin pertama di dunia. Ia juga menemukan mobil bermesin uap, namun Roper sendiri tewas saat ia mengendarai sepeda motor bertenaga uap pertamanya itu.

 

Ditempat lain yakni di Prancis, seorang pria bernama Ernest Michaux mencoba memasang sebuah mesin uap ke sepedanya. Mesin tersebut dibuat oleh ayahnya yang bekerja sebagai seorang pandai besi. Mesin tersebut berbahan bakar alcohol dan menggunakan sabuk penggerak kembar untuk menggerakan roda depan sepeda.

Beberapa tahun kemudian pada tahun 1881, Lucius Copeland yang berkebangsaan Amerika membuat sebuah ketel uap yang bentuknya lebih kecil dan ditempel di sepedanya. Ketel uap ini dapat menggerakan roda belakang sepedanya. Kecepatan yang dihasilkan oleh sepedanya luar biasa saat itu mencapai sekitar 19 kilometer perjamnya. Akhirnya di tahun 1887, Copeland membuat sebuah perusahaan manufaktur yang membuat sebuah sepeda motor.

  • Gottlieb Daimler dan Sepeda Motor berbahan bakar bensin pertama di Dunia.

Setelah 10 tahun berikutnya, berbagai desain sepeda motor banyak bermunculan. Namun kemudian sepeda motor temuan Gottlieb Daimler dan Willhelm Maybach dari Jerman diakui dunia secara luas sebagai sepeda motor pertama di dunia.

Sepeda Motor buatan Daimler menggunakan mesin pembakar internal berbahan bakar bensin yang dibuat pada tahun 1885 yang dinamakan petroleum Reitwagon. Gottlieb Daimler pun diakui dunia sebagai penemu dari sepeda motor.

Sepeda Motor temuan Gottlieb Daimler menggunakan mesin temuan Nicolaus Otto yang dikenal dengan mesin 4 tak di tahun 1876. Setelah Nicolaus Otto menyelesaikan mesin temuannya, Gottlieb Daimler yang ketika itu pernah menjadi karyawan Otto mengembangkannya menjadi sebuah mesin baru tak lupa juga ia menciptakan karburator pertama di dunia.

Wilhelm Maybach kemudian menempelkan mesin itu serta karburatornya di sepeda Daimler dan jadilah sebuah Sepeda Motor. Uniknya, sepeda motor Petroleum Reitwagon buatan Daimler dan Maybach memiliki sepasang roda di tengah mirip seperti roda pengaman dan menjaga agar sepeda tetap tegak lurus selain dua roda di depan dan belakang. Gottlieb Daimler dikenal sebagai seorang innovator yang luar biasa

Selain menemukan Mobil dan juga Sepeda Motor dan juga menciptakan Karburator, beliau juga merupakan pelopor pembuat arena mobil komersial ia juga menciptakan mesin untuk kapal dengan bahan bakar bensin.

Perusahaannya kemudian bernama Daimler-Benz sebuah perusahaan otomotif terkemuka kemudian berkembang menjadi Mercedes-Benz yang kita kenal sekarang.

Sejak saat itu, banyak bermunculan perusahaan yang menperkenalkan sepeda berpenggerak mesin yang kemudia dikenal dengan nama sepeda motor. Yang awalnya dikenal luas di Jerman kemudian ke INggris dan menyebar cepat ke Amerika.

Perusahaan Hildebrand dan Wolfmuller menjadi perusahaan pertama yang mendirikan pabril untuk produksi kendaraan sepeda motor, kemudian di Amerika perusahaan bernama Charles Metz pertama kali mendirikan pabril untuk memproduksi sepeda motor di wilayah Waltham, Massachusetts.

  • Perkembangan Sepeda Motor di Amerika.

Di Amerika sendiri terdapat banyak perancang sepeda motor, namun salah satu Pionir paling terkenal di bidang ini adalah William Harley serta Artur dan Walter Davidson bersaudara yang kemudian mendirikan sebuah perusahaan otomotif yang dikenal dengan nama Harley-Davidson.

William Harley bersama Davidson bersaudara mendirikan perusahaan Harley-Davidson Motor Company pada tahun 1903. Sepeda Motor buatan mereka memiliki mesin yang berkualitas.

Shares
Share This