Tips berkendara sepeda motor yang aman saat musim hujan

Cirebonmedia.com – memasuki penghujung akhir tahun di ditandai dengan datangnya musim hujan khususnya di wilayah Kota Cirebon. Pada akhir bulan November 2017 ini, curah hujan cukup intens terutama pada saat sore dan malam hari. Hal ini menyebabkan disebagian besar wilayah Kota Cirebon dilanda banjir, keadaan tersebut akan mempengaruhi keamanan dan keselamatan pengendara khususnya sepeda motor apabila tidak mengantisipasi dengan baik kondisi tersebut. Berikut beberapa Tips berkendara sepeda motor yang aman saat musim hujan dari getMontir.

“Pastikan terlebih dahulu bahwa peralatan yang anda kenakan sudah lengkap”

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum anda mulai mengendari sepeda motor khususnya disaat musim hujan seperti saat sekarang ini. Pertama kali yang perlu diperhatikan sebelum anda memacu sepeda motor adalah, pastikan terlebih dahulu bahwa peralatan yang anda kenakan sudah lengkap. Peralatan tersebut meliputi :

1. Helm standar SNI

Tidak hanya melindungi kepala anda dari benturan apabila terjadi kecelakaan, penggunaan helm pada saat cuaca hujan juga sangat membantu kenyamanan anda saat berkendara terutama helm yang memiliki kaca penutup dan usahakan yang berwarna bening. Hal ini akan sangat membantu daya penglihatan anda sekaligus melindungi mata anda dari terjangan air hujan.

2. Jas hujan

Jas hujan berfungsi menjaga kondisi tubuh anda tetap kering dan melindungi suhu tubuh anda dari dinginnya air hujan. Dalam penggunaan jas hujan sebaiknya anda memilih tipe jacket & celana, karena tipe jas hujan yang berbentuk ponco memiliki resiko akan tersangkut di roda motor. Selain itu pilih jas hujan yang berwarna terang, agar anda dapat terlihat dengan mudah pada saat berkendara di malam hari ataupun kondisi hujan lebat dengan jarak pandang minim.

3. Sarung tangan

Dengan menggunakan sarung tangan dalam kondisi hujan akan membuat daya cengkraman tangan anda pada stang motor anda menjadi lebih maksimal. Sebaiknya jika anda memiliki budget yang lebih pilih sarung tangan dengan bahan yang anti air, apabila tangan anda tidak terlindungi dan basah hal ini dapat menyebabkan tangan anda kaku ataupun keram dan otomatis keadaan tersebut sangat mengganggu kenyamanan bahkan keselamatan anda dalam mengendarai sepeda motor.

4. Biker Boots / Sepatu anti air

Sama halnya dengan peralatan berkendara sebelumnya, penggunaan sepatu boots anti air ini akan melindungi dan menjaga suhu tubuh anda agar tidak basah dan kedinginan. Tak hanya itu saja penggunaan sepatu boots anti air ini juga sangat membantu apabila menghadapi kondisi jalanan yang banjir, karena kaki anda akan terlindungi dari benda tajam seperti halnya paku ataupun batang kayu yang tidak terlihat dalam kondisi banjir.

“Sebelum anda turun kejalan cek kondisi motor anda apakah sudah maksimal dan sesuai dengan kondisi jalan yang akan anda hadapi”

Apabila semua peralatan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya sudah anda persiapkan, maka hal kedua yang perlu diperhatikan sebelum anda turun kejalan cek kondisi motor anda apakah sudah maksimal dan sesuai dengan kondisi jalan yang akan anda hadapi. Ada 3 hal yang penting perlu diperhatikan dalam pengecekan kondisi sepeda motor ketika berkendara di musim hujan :

1. Pemeriksaan fungsi pengereman

Dalam menghadapi kondisi musim hujan sekarang ini komponen utama dan paling vital pada sepeda motor adalah fungsi pengereman dari mulai piringan cakram untuk sampai dengan kampas rem. Pastikan kondisi komponen tersebut masih dalam kondisi layak dan tidak aus (tipis).

2. Pemeriksaan roda

Pastikan ban kendaraan anda masih dalam kondisi yang baik yaitu dari segi kedalaman alur ban yang masih layak, dengan alur ban yang memilik kedalaman layak maka daya cengkraman ban akan semakin optimal. Selain itu perhatikan pula kondisi tekanan ban, karena dengan tekanan ban yang cukup akan menghindari kondisi sepeda motor anda melayang di atas kenangan air ataupun tergelincir pada kondisi jalan yang licin.

3. Pemeriksaan fungsi penerangan

Dengan  kondisi hujan yang lebat akan menyebabkan jarak pandang pengendara menjadi terbatas, oleh sebab itu maka diperlukan fungsi penerangan dalam hal ini lampu motor yang baik dan terang agar dapat terlihat oleh pengendara lainnya dalam mengantisipasi terjadinya tabrakan.

 

Setelah hal-hal diatas terpenuhi maka anda sudah siap untuk mulai mengendarai sepeda motor anda dalam kondisi hujan namun tidak hanya itu saja, saat anda melaju di jalan tetap perlu diperhatikan juga faktor psikologis pengendara dan faktor lingkungan demi keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.

 

Sumber : getMontir & google.com

Menu

Pin It on Pinterest

Shares
Share This