Nissan Berbagi Tips Agar Mudik Terasa Lebih Menyenangkan

Cirebonmedia.com- Untuk memenuhi kebutuhan para pemudik, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) kembali mendirikan Nissan-Datsun Rest Point (NDRP) yang berada di tujuh lokasi di sepanjang rute mudik Pulau Jawa. NDRP sendiri merupakan layanan purnajual yang diadakan oleh NMI untuk menjamin kelancaran pengalaman mudik konsumen setia Nissan-Datsun.

NMI Vice President Marketing and Sales Davy J. Tuilan menuturkan,” Setiap menjelang Lebaran, selalu terdapat peningkatan volume kendaraan pemudik. Untuk menghindari terjadinya hal yang kurang menyenangkan selama masa mudik, kami ingin membantu memastikan agar performa kendaraan selalu berada dalam kondisi prima. Untuk itu kami mendirikan NDRP, yang merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam memanjakan konsumen.”

Selain beroperasi selama 24 jam, NDRP juga menyediakan fasilitas check-up mobil gratis bagi konsumen Nissan-Datsun. NDRP juga dilengkapi dengan ruang tunggu yang nyaman, hiburan keluarga pod GT Academy (di Rest Area KM 57 Tol Cikampek), AC, TV, makanan dan minuman ringan, kursi pijat, serta berbagai merchandise menarik. Dan sebagai pendukung tambahan, juga terdapat mobile service untuk membantu mengatasi masalah yang timbul saat perjalanan.

Untuk semakin memperlancar perjalanan mudik, NMI juga berbagi beberapa tips penting agar pemudik dapat memperoleh pengalaman yang aman dan menyenangkan.

 

Performa Kendaraan

Hal terpenting sebelum memulai perjalanan adalah dengan melakukan pengecekan kondisi mobil. Oleh karenanya periksa kondisi kendaraan di bengkel resmi Nissan-Datsun sebelum memulai perjalanan.

Perlengkapan Darurat

Pastikan bahwa kendaraan telah dilengkapi dengan perlengkapan darurat seperti kabel jumper, towing hook, kunci roda, dan kunci dongkrak. Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan P3K untuk kondisi darurat.

Tekanan Ban

Tekanan ban memiliki dampak yang signifikan bagi stabilitas kendaraan dan kemudahan untuk mengendalikan kemudi. Oleh karenanya cek tekanan ban secara berkala dan pastikan bahwa PSI telah sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada stiker di balik pintu mobil.

 

Kapasitas Penumpang dan Keselamatan Anak-Anak

Konsumen harus memastikan bahwa kapasitas mobil telah sesuai dengan spesifikasi. Kapasitas penumpang yang berlebihan akan membuat posisi duduk menjadi kurang nyaman serta berpengaruh pada kestabilan kendaraan.

Bagi keluarga yang membawa anak-anak, pastikan bahwa si kecil menggunakan car seat (usia 0 – 7 tahun) atau booster seat (7 tahun ke atas) yang telah terhubung dengan sabuk pengaman. Hal ini untuk menjamin keamanan anak saat mobil melakukan pengereman mendadak atau terlibat dalam kecelakaan.

 

Roof box

Banyak keluarga yang membawa muatan berlebih saat perjalanan mudik, sehingga akhirnya beberapa orang memutuskan untuk menggunakan roof box agar dapat memaksimalkan jumlah penumpang dalam kabin. Namun roof box yang diisi oleh muatan yang terlalu berat akan mempengaruhi stabilitas mobil, sehingga pengemudi sulit mengendalikan kendaraan. Jadi letakkan muatan yang berukuran besar tapi ringan di roof box, dan masukkan muatan berukuran berat dalam bagasi mobil. Pastikan bahwa roof box tidak diisi oleh muatan yang memiliki berat lebih dari 50 kg. Dengan ini kestabilan mobil dapat lebih terjaga.

Bahan Bakar

Periksa jumlah bahan bakar secara teratur, terutama ketika akan memasuki jalur tol. NMI menyarankan konsumen agar mengisi ulang bahan bakar setiap kali melewati pom bensin. Dengan ini konsumen dapat terhindar dari kehabisan bahan bakar ketika jalanan macet.

Istirahat

Kelelahan telah menjadi salah satu faktor utama kecelakaan lalu lintas. Selama musim mudik, banyak orang yang melakukan perjalanan jarak jauh dan seringkali menghadapi kemacetan yang mengakibatkan kelelahan dan stres. Mengingat pentingnya fisik dan mental yang prima, lakukan istirahat secara berkala. Kunjungi NDRP agar konsumen Nissan-Datsun dapat beristirahat dan menyegarkan diri sebelum melanjutkan perjalanan.